Tiket Bus Tarif Bus Agen Bus PO Bus Santoso

Tiket Bus Tarif Bus Agen Bus PO Bus Santoso

Iklan

waktu itu ada kepentingan mendadak ke jakarta sehingga untuk tiket kereta api pada hari itu sudah sold out. apalagi hari itu bertepatan dengan arus balik lebaran 2014.

Baca Juga Informasi: Bus Rosalia

Santoso merupakan perusahaan otobus yang berasal dari daerah Magelang, Jawa Tengah. Selain melayani bus antar kota dalam propinsi, PO. Santoso juga melayani bus antar kota antar propinsi. Perusahaan otobus Santoso sudah berdiri sejak tahun 1980an dan hingga saat ini masih terus setia melayani pelanggannya. Untuk mesin, PO. Santoso mempercayakan kepada dua pabrikan yang terkenal yaitu Mercedes Benz dan Hino.

oke, saya putuskan untuk naik bis aja.

banyak alternatif bus yang akan membawa kita ke jakarta. dan karena yang lain sudah habis dan juga terdengar kabar bahwa po po yang lain mengalami keterlambatan berangkat lebih dari 10 jam. maka pilihan jatuh ke po santoso. kalau di tiketnya sih kelas ac vip + toilet seri busnya apa ya lupa. F kalo ga salah hehehe.

gila bro… harganya 380.000… gapapalah yang penting bisa berangkat tepat waktu. oke… bukti pembayaran tiket udah ditangan, tinggal besok dituker dengan tiket asli di terminal.

akhirnya hari keberangkatan tiba. aku sampai terminal daksinarga wonosari jam 1. dan hebatnya bus datang jam 4 sore. okelah aku rapopo…

kejutan datang lagi, bus datang dan diluar dugaan busnya jelek. hati berkata ini bus AKAP atau AKDP? oke sekali lagi aku rapopo.

tak lama kemudian bus berangkat dan sangat lancar. cuma berhenti di daerah muntilan buat makan kemudian lewat jalur banjarnegara wus wus seakan membawa ke jakarta dengan cepat biarpun masih nuansa arus balik lebaran.

kira2 jam 12 malam sudah masuk di daerah cirebon. nah disini drama dimulai. bus masuk parit… gayanya sih masu cari jalan pintas.. e malah masuk ke parit. perasaan tadi di jalur utama ga macet2 amat…

derekpun datang… dan… gilak si empunya derek membandrol jasanya dengan harga 3jt. si sopir langsung angkat tangan. derek pun pergi lagi. dan terpaksa sampai jam 6 pagi bus tidak bergerak dari cirebon selatan.

derek datang lagi ntah yg tadi malem atau beda lagi. kali fix dengan harga 1.5 juta. lumayan lah drpada td malem. bus berhasil diderek namun tetap harus diurus ke polsek terdekat ntah ngapain. pfffffttt

ga tahu jam berapa bus mulai bergerak… gak tahu juga itu lewat jalur mana. yang pasti jalur pantura. hehe

masuk ke indramayu macetnya ya ampun… sempat berfikir gak bisa sampai ke jakarta sebelum pukul 8 malem.

akhirnya setelah masuk ke tol cikampek sudah sedikit lancar. lupa daerah mana aja yang udah terlewati. 1 yang masih inget sampai di lebak bulus sekitar jam 7 wong pas adzan isya kok ūüėÄ

oh iy ini gambar ketika bus masuk ke parit. Hehehe

Minggu malam, 3 November 2013, iseng-iseng bbm Mandor Santoso KW3 Yeremy Tetty, menanyakan bis yang beroperasi di jalur jogja yang belum aku jajal. Hanya balasan ‚Äúsenin sore jam3 tak tunggu ng garasi santoso magelang‚ÄĚ. Dan segera aku balas DEAL.

Senin siang, pukul 13.30 sudah menunggu bis bumel di brengkelan, tempat biasa bis tujuan magelang/semarang ngetem terahir di kota purworejo. Cukup lama untuk menanti bis tujuan magelang/semarang, hingga pukul 14.10 tak juga datang. Sangat jauh jarak antar bis di jalur ini, padahal hari masih siang, penumpang menumpuk, yaa inilah Bumel Jateng selatan. Kalo sepi, berangkat tidak menggunakan jam, tapi menunggu disundul belakang. Harapan muncul ketika Maju Makmur datang pukul 14.15, tak berapa lama, bis yang sudah penuh penumpang ini dijejali para penumpang yang sebagian besar anak sekolah tujuan maron,banyuasin,bener,salaman. Aku Tak kebagian tempat duduk, terpaksa aku berdiri di pintu belakang.

Mercy sepuh mesin belakang, entah seri apa ini, untuk menanjak talang, dekat kolam renang artha tirta saja ngosh-ngosh-an, apalagi nanti saat menanjak tanjakan mergoyoso perbatasan Purworejo-Magelang.

Deret kiri-kanan terdiri 9deret. Sebelah pintu belakang masih dijejali 1 deret dan kandang macan terdapat 6seat. Sangat kusut dilihat pemandangan dalam kabin, yaa inilah kondisi bis bumel semarang-magelang-purworejo-purwokerto/cilacap. PO lainya seperti Utama, Santoso, Kencana Jaya, Aman (yang kini di miliki Sumber Alam), maupun Sumber Alam sendiri tak jauh berbeda. Iri melihat Bis Ekonomi di tempat lain yang sudah dilengkapi AC dengan tariff biasa serta jam keberangkatan yang pasti.

Memasuki wilayah maron (pertigaan menuju wonosobo yang hingga kini jalur tersebut sudah hampir 2tahun terputus akibat tanah longsor), satu per satu penumpang anak sekolah turun.  Bangku kosong diatas kandang macan aku pakai hingga turun nanti.

Benar saja, memasuki kecamatan bener Mercy sepuh ini empot-empotan menaiki tanjakan. Pelan tapi pasti dengan ngeden-ngeden tanjakan pun berhasil dilalui, terutama tanjakan terberat di mergoyoso, perbatasan Kabupaten Purworejo-Magelang.

Sampailah di Magelang, Mandor KW3 sudah menantiku di pinggir jalan. Pukul 15.35 aku sampai garasi Santoso ini. ternyata akulah penumpang terahir yang ditunggu, aku kira Mandor KW3 akan mengajak ku naik bis reguler, ternyata dia memasukan ku dalam rombongan Bis Santoso seri L* (baca: *Lovers) yang akan kembali menuju ke Jakarta seusai acara famiy gathering.

Penumpang dipersilahkan memasuki Bis AA1521DA dengan sticker Pariwisata besar di kaca depan. Para Santoso Lovers berpamitan dengan rekan dan manajemen Santoso. Beberapa unit Bis malam juga sudah terparkir di garasi siap menuju Jakarta malam ini.

AA1521DA merupakan generasi RK8 tahun 2013 yang dimiliki PO.Santoso, 2 unit kembar berwarna orange yang diperuntukan untuk pariwisata. (Yer, koreksi nek salah lohh‚Ķ), dengan model Jetbus dari Trisakti, seat bawaan dari karoseri, deret kiri 8deret dan kanan 9deret plus seat paling lekang 5seat. 40seat tanpa toilet sangat lega menurutku. Ada 28penumpang di dalam bis tersebut, 4diantaranya duduk mendampingi pengemudi. Hanya 2 orang yang aku kenal, ‚Äúmandor KW3‚ÄĚ dan Om Anto Fran, lainya, tak ku kenal.

Inilah kali ke-3 aku menaiki Santoso. 2x sebelumnya terdapat ketidakpuasanku akan cerita yang dilontarkan ‚Äúmandor KW3‚ÄĚ. Pertama saat menaiki seri C mei 2012, kandas di gringsing sehingga mengharuskan ku untuk sarkawi bis kudusan demi mengejar absen senin pagi. Kedua seri W November 2012, yang finish pulogadung jam 1siang. Kali ini ada ‚Äúmandor KW3‚ÄĚ, jika ceritanya tak terbukti, tinggal aku gunduli saja rambutnya, heuheuheu‚Ķ. Sore itu sebetulnya aku mengajak Lek Ponirin untuk menemui Yeremia di garasi Santoso magelang, namun karena kesibukan ‚ÄúPensiunan Pemuda‚ÄĚ Wirobrajan ini, beliau menolak.

Pukul 15.41 Santoso seri L* ini meninggalkan garasi, dan melewati kota magelang hingga tembus jalan raya menuju secang. Kemacetan pun terjadi, dan sosor kanan menjelang pertigaan secang dilakukan. Beberapa Ramayana juga sudah sampai di daerah ini, antara lain Ramayana Jambi, seri L non AC dan seri C Non AC.

Jalan raya secang-temanggung tak banyak kendala hingga memasuki kota temanggung pukul 16.30 untuk berhenti sejenak menurunkan barang bawaan salah satu penumpang.

Perjalanan dilanjutkan kembali, kali ini melewati jalur alternative menghindari paraan yang katanya ada festival menjelang 1 suro. Jalur pedesaan yang sempit, naik-turun, serta berkelok dilalu, kanan-kiri hamparan sawah. Sempat beberapa kali roda kiri turun ke tanah karena bersimpangan dengan kendaraan lain. Driver pak taufik yang merupakan batangan seri V2 merak sangat lincah memainkan RK8 keluaran 2013 ini, sesekali body bis tampak miying-miying karena harus turun ke tanah, dan hal ini paling aku takutkan, takut kalo body HD ini berguling, hingga ahirnya pukul 17.30 memasuki terminal Ngadirejo.

Gorengan panas Nyossss from Wajan yang pernah diceritakan Lek Ponirin segera diserbu para penumpang, setidaknya pengganjal perut hingga Gringsing nanti. Santoso Seri L* inilah yang pertama memasuki terminal ngadirejo, tampak tumpukan penumpang di depan agen Maju Lancar, OBL, dan Pahala Kencana yang letaknya berdekatan.

Pukul 17.40 perjalanan dilanjutkan kembali, jalur sepi ngadirejo-sukorejo tak banyak kendaraan yang menghambat laju santoso ini. hanya sebuah truck tanki sanggup berlari dan susah untuk didahului di jalur sempit menjelang sukorejo.

Lepas sukorejo jalur lebih sempit, dan kebanyakan turunanhingga menjelang weleri. Memasuki weleri pukul 18.55, dan tak lama kemudian masuk RM. Telaga Asri.

Di waktu tersebut baru sedikit armada bis malam sudah sampai wilayah gringsing, tampak SSM merah-hitam telah terparkir. Beberapa Garuda Mas melewati wilayah ini, dan pasukan wonogirian antara lain  gajah mungkur, gunubg mulia, serta Laju Prima melewati jalur tersebut kisaran pukul 19.30. Pahala Kencana Setra ombak, dan setra lampu jetbus serta evonext juga sudah lepas rumah makan, tak ketinggalan, Madjoe Non AC.

19.50 perjalanan dilanjutkan kembali, sudah banyak Laju Prima terparkir di rumah makan kanan jalan. Tanjakan plelen dilalui dengan selow, hanya Armada Jaya Perkasa sanggup mendahului lewat kanan. Menurut penuturan om anto, RK8 ini belum disetting untuk bis malem, masih segel-an.

Lepas plelen, hanya beradu dengan Armada JP dan Gajah Mungkur serta 2 Gunung Mulia Intercooler yang dengan mudahnya dilalui.

Memasuki Batang pukul 20.30, hanya bertemu Gumarang Jaya. Dari arah barat, pasukan Harapan Jaya sudah mulai memasuki daerah ini.

Pukul 20.45 Pekalongan terjadi kemacetan, beberapa Garuda Mas serta Sindoro Satria mas 221 bertemu lagi disini. Ternyata penyebab kemacetan karena truck patas as di depan pom bensin setelah rel kereta. Lepas kemacetan tak ada hambatan.

Melihat update bbm, tampak mas adhe irawan juga akan berangkat Jakarta malam ini. Tampak foto Dewi Sri Boeing sentiong terpajang di DP nya. saat itu posisi  Santoso seri L* melewati SPBU Muri. Tampaknya akan ada kawan seperjalanan, lainya tercatat Mbah Harjo Putra Remaja 95AS juga menuju Palembang malam ini, namun baru memasuki wangon.

Memasuki kota tegal, mas adhe telah lepas terminal dengan Boeing-Sentiong nya. Santoso Seri L* mendahului Boeing yang tengah menaikan penumpang di sebuah agen. Brebes lewat tanpa macet di jembatan Pamali yang biasanya terjadi.

Memasuki Tol Pejagan jam 22.24, masih jam-nya Sinar Jaya Purwokerto-an serta beberapa Dewi Sri/Dedi Jaya angkatan terahir. Sumber Alam belum satu pun tampak disini. Target waktu aku perhitungkan, jomin jam 01.00, jatibening jam 02.30 (sudah termasuk nyolar serta bongkar pipis). Laju RK8 ini antara 100-110, tol sangat sepi sehingga kecepatan dapat konstan.

Sepanjang tol ini hanya aku dan yeremia berada di depan menemani pak taufik. Membahas beberapa armada merak yang bertujuan Jogja. Aku ceritakan seorang teman menaiki Dewi Sri Boeing-sentiong tadi, dan menurut pak taufik ini, hanya Dewi Sri Boeing-Sentiong yang lari.

Lepas kanci, yeremia undur diri, dan hanya aku dan beberapa teman bergantian merokok di seat kernet. Para penumpang terlelap tidur, mungkin kecapekan dangudtan malam sebelumnya.

Jam 23.14 lepas palimanan, Dewi Sri Boeing mendahului dari kiri, disusul isi bbm dari mas adhe bernada tantangan ‚ÄúDuluan yaa, No Kompor lohh‚ÄĚ.¬† Boeing melesat hingga tak terlihat, sedangkan laju Santoso ini tertahan laju Kramat Djati semrong kanan dan Putra Mulya warna biru.

Butuh waktu lama untuk mendahului Kramat Djati, dan hampir terjadi kejadian Ciluk-Bhaaa ketika membuntuti KD, dan saat KD buang kiri, ternyata ada truck ayam putar arah, Rem Paku serta buang kiri dilakukan untuk menghindari truck ayam, setelah itu, aku mundur ke belakang karena rasa kantuk mulai terasa.

KD terlihat kembali, dan berhasil di dahului pukul 23.40. Ternyata KD intercooler ber label 14 di kaca depan. Entah ini KD jurusan mana, yang jelas kecepatan-nya merepotkan Santoso ini.

Boeing-sentiong terlihat kembali dibuntuti Putra Mulya, yaa 3 bis ini bermain bersama hingga mata tertidur entah bagaimana kelanjutanya.

Pukul 01.04 memasuki pom bensin daerah cikopo. Cukup lama berhenti untuk istirahat bongkar pipis. Sepertinya Jomin lancar tanpa antri. terlihat beberapa Sinar Jaya, Dedy Jaya, Dewi Sri bebarengan melewati cikopo ini.

Perjalanan dilanjutkan kembali, memasuki tol cikopo laju RK8 ini bisa dimaksimalkan. Interchange tol purbaleunyi tampak Gapuraning Rahayu exs. Efisiensi memasuki tol cikampek-jakarta disusul beberapa SJ jalur selatan.

Mata kembali terpejam hingga dibangunkan Om Anto Fran menjelang Jatibening pukul 02.15.

Tiket Bus Tarif Bus Agen Bus PO Bus Santoso

Puas dapat masuk Jakarta sebelum jam 03.00. Janji Mandor KW3 bahwa Santoso bisa masuk Jakarta sebelum subuh terbukti. 2 hutang sebelumnya aku anggap lunas.

Mendambakan ada lagi liga pantura malem senen antara aku, lek ponirin dan yeremia, tambah lagi Pak Didik Edhi dengan Haryanto Rawamangun-nya, Dab Doni Pras dengan Sari Giri-nya, Dhe Surip dengan Bejeu Cikarang, Pak Soni Sadana  dengan Ramayana seri E2, dan tak ketinggalan Koh Jumbo dengan sms mangap lw-mangap lw terkirim dari Mojoagung sana mengiringi perjalanan kami.

Bus Roalia

Terima kasih untuk Crew yang bertugas, dan rekan-rekan Santoso Lovers.

*saya sebut Santoso seri L*

bus santoso,

bus santoso terbaru,

bus santoso legacy,

bus santoso malang denpasar,

bus santoso seri v,

bus santoso denpasar,

bus santoso jetbus,

bus santoso baru,

bus santoso 2015,

bus santoso seri f,

bus santoso seri s

bus santoso jakarta magelang

bus santoso bekasi

bus santoso haulin

bus santoso seri t

bus santoso kecelakaan

bus santoso vip

bus santoso 2013

bus santoso malang

bus santoso seri l cepat

bus santoso tangerang

bus santoso non ac

agen bus santoso di jakarta

agen bus santoso wonosari

agen bus santoso ciledug

agen bus santoso cilegon

agen bus santoso serpong

agen bus santoso cibinong

agen bus santoso bandung

agen bus santoso magelang

agen bus santoso jogja

agen bus santoso yogyakarta

agen bus santoso jakarta selatan

agen bus santoso jakarta barat

agen bus santoso lebak bulus

agen bus santoso di bogor

bus santoso bogor

bus santoso bandung

bus santoso bali malang

bus santoso bogor jogja

bus santoso bumel

po bus santoso bekasi

alamat agen bus santoso bekasi

agen bus santoso di bekasi

bus budi santoso

bus big santoso

agen bus santoso bekasi timur

bus santoso livery baru

agen bus santoso bsd

agen bus santoso balaraja

alamat agen bus santoso bogor

bus santoso cikarang

bus santoso ciputat

po bus santoso cikarang

kecelakaan bus santoso di cirebon

agen bus santoso di cikarang

agen bus santoso cikarang

agen bus santoso cileungsi

agen bus santoso cengkareng

agen bus santoso cikampek

bus santoso seri c

bus malam cepat santoso

caper bus santoso

cerita bus santoso

pool bus santoso ciputat

bus santoso dampit

agen bus santoso di yogyakarta

pool bus santoso di tangerang

alamat agen bus santoso di bogor

bus santoso surabaya denpasar

kecelakaan bus santoso di tegal

kecelakaan bus santoso di purworejo

agen bus santoso di jogja

agen bus santoso di pulogadung

kecelakaan bus santoso di subang

pool bus santoso di jakarta

agen bus santoso denpasar

alamat agen bus santoso di jakarta

harga tiket bus santoso desember 2014

bus santoso executive

bus santoso ekonomi

bus santoso eksekutif

bus santoso seri e

bus santoso facebook

foto bus santoso

foto bus santoso terbaru

fasilitas bus santoso

font bus santoso

foto bus santoso malang

foto bus santoso seri o

mod bus santoso gta sa

game bus santoso

gambar bus santoso terbaru

gambar bus santoso

garasi bus santoso

agen bus santoso jembatan gantung

galeri bus santoso

bus santoso gta sa

gta bus santoso

agen bus santoso giwangan

download mod bus santoso haulin

bus santoso seri h

mod bus santoso haulin

harga bus santoso

harga bus santoso 2015

harga bus santoso jakarta magelang

interior bus santoso

info bus santoso

bus santoso jakarta jogja

bus santoso jurusan jakarta jogja

bus santoso jogja merak

bus santoso jurusan

bus santoso seri j

po bus santoso jakarta

harga tiket bus santoso jakarta magelang

agen bus santoso jombor

agen bus santoso jakarta timur

bus santoso masuk jurang

agen bus santoso jakarta pusat

alamat bus santoso jakarta

bus santoso kecelakaan di subang

bus santoso karoseri trisakti

agen bus santoso kalideres

karoseri bus santoso

harga tiket bus santoso ke jogja

kantor bus santoso

komplain bus santoso

bus santoso scorpion king

agen bus santoso kemayoran

kecelakaan bus santoso di temanggung

agen bus santoso karawang

kecelakaan bus santoso di balaraja

bus santoso lovers

tiket bus santoso lebaran 2015

livery bus santoso

tiket bus santoso lebaran 2013

harga tiket bus santoso lebaran 2014

harga tiket bus santoso lebaran 2013

harga tiket bus santoso lebaran 2015

harga tiket bus santoso lebaran

bus santoso seri l

agen bus santoso di lebak bulus

bus santoso magelang

bus santoso magelang jakarta

bus santoso merak

caper bus malam santoso

mobil bus santoso

harga tiket bus malam santoso 2013

bus malem santoso

pemilik bus santoso magelang

sejarah bus santoso magelang

alamat agen bus santoso mampang

bus santoso ngeblong

bus new santoso

bus santoso seri n

video bus santoso vs nusantara

naik bus santoso

bus santoso new armada

tiket bus santoso online

bus santoso seri o

bus santoso pariwisata

bus po santoso

foto bus pariwisata santoso

paket bus santoso

pul bus santoso

pool bus santoso tangerang

bus po santoso terbaru

agen bus santoso pinang ranti

agen bus santoso pulogadung

bus pariwisata po santoso

sewa bus po santoso

agen bus po santoso

foto bus po santoso

sejarah bus po santoso

tarif bus po santoso

bus baru po santoso

bus rahayu santoso

agen bus santoso rawamangun

bus santoso seri r

rute bus santoso

bus santoso seri x

bus santoso seri w

bus santoso semarang

bus simulator santoso

sewa bus santoso

agen bus santoso serang

bus santoso temanggung

tiket bus santoso jakarta magelang

tentang bus santoso

trayek bus santoso

tiket bus santoso 2015

tiket bus santoso 2014

tarif bus santoso 2014

mod bus santoso ukts

ukts bus santoso

bus santoso youtube

bus santoso v1

bus santoso v2

video bus santoso

vidio bus santoso

bus santoso seri v2

bus santoso womer

bus santoso yogyakarta

po bus santoso yogyakarta

bus santoso seri z

harga tiket bus santoso terbaru

harga tiket bus santoso terbaru 2014

armada terbaru bus santoso

One thought on “Tiket Bus Tarif Bus Agen Bus PO Bus Santoso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s